Nutrisi Penting Untuk Masa Pertumbuhan Anak


Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi penting yang bisa didapat pada makanan. Nutrisi penting tersebut bermanfaat untuk perkembangan fisik dan otak anak. Berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bisa didapatkan pada makanan dan sayur-sayuran. Berikut ini beberapa nutrisi penting pada masa pertumbuhan anak  yang bisa didapatkan pada makanan.

1. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk mengembangkan massa tulang, yang hampir semuanya dibangun selama masa kanak-kanak dan remaja. Kekurangan kalsium dapat mengganggu pertumbuhan anak dan meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari terutama untuk anak perempuan.

Selain itu, makanan tinggi kalsium sebagian besar juga kaya vitamin D, yang tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga dapat membantu mencegah diabetes tipe 1 dan penyakit lainnya. Sumber kalsium terbaik bisa Anda temukan pada:

* Keju
* Yogurt
* Susu
* Makanan yang diperkaya kalsium seperti sereal
* Susu kedelai

2. Vitamin E

Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebab berbagai jenis kanker. Sumber Vitamin E terbaik bisa Anda temukan pada:

* Alpukat
* Kacang
* Selai kacang
* Biji bunga matahari
* Gandum
* Bayam

3. Serat

Serat sangat penting untuk anak-anak karena itu baik untuk pencernaan mereka. Selain itu, makan makanan yang kaya serat dapat membantu melindungi anak-anak dari berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Anak-anak membutuhkan sekitar 19 sampai 25 gram serat per hari. Sumber serat terbaik bisa Anda temukan pada:

* Buah (raspberry, blackberry, pir, jeruk, dan apel)
* Kacang
* Buncis
* Oatmeal
* Ubi jalar
* Kacang hijau

4. Kalium

Kalium bertugas menjaga keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah, serta membantu otot untuk berkontraksi. Sumber kalium terbaik bisa Anda temukan pada:

* Pisang
* Jeruk dan jus jeruk
* Ubi jalar
* Yogurt
* Susu
* Melon
* Aprikot kering
* Tomat

5. Besi

Besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh dan juga berperan penting dalam perkembangan otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah belajar dan perilaku. Sumber besi terbaik bisa Anda temukan pada:

* Udang
* Daging sapi
* Ayam
* Kacang
* Buncis
* Kacang kedelai
* Kismis
* Roti gandum

Inilah lima nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak selama masa pertumbuhan. Kekurangan vitamin dan mineral bisa berpengaruh buruk pada perkembangan fisik dan otak anak.
Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar